5 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah

skincare untuk mencerahkan wajah

Produk perawatan wajah kini semakin beragam dan disesuaikan dengan masing-masing fungsinya. Misalnya untuk mengatasi kulit berjerawat, mencegah penuaan dini, termasuk mencerahkan wajah. Nah, sebelum memilih produk skincare untuk mencerahkan wajah, ada baiknya Anda mengetahui kandungan aktif apa saja yang dapat mencerahkan kulit. Sehingga, Anda bisa mengetahui cara kerja, aturan pakai, serta menyesuaikan dengan jenis kulit Anda. Berikut beberapa kandungan yang sering digunakan dalam skincare untuk mencerahkan wajah, di antaranya yaitu:

Vitamin C

Vitamin C sering digunakan sebagai kandungan dalam skincare untuk mencerahkan wajah karena bisa mengurangi hiperpigmentasi, menghambat pertumbuhan pigmen melanin, dan mengatasi efek paparan sinar matahari yang menyebabkan wajah terlihat kusam. 

Selain itu, Vitamin C juga memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas serta membantu produksi kolagen untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan terasa kencang. 

Vitamin C memiliki sifat antiinflamasi yang berfungsi meredakan wajah kemerahan akibat peradangan. Vitamin C dapat ditemukan dalam produk skincare seperti serum dan krim. Satu hal yang perlu diingat yaitu jangan menggunakan produk skincare dengan kandungan vitamin C bersamaan dengan retinol, AHA, dan BHA.

Alpha Arbutin

Alpha Arbutin berasal dari ekstraksi daun dan buah bearberry, serta dapat ditemukan secara alami dari cranberry, pir, dan gandum. Kandungan ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa membuat kulit kusam dan menangkal radikal bebas yang menimbulkan tanda penuaan dini. 

Selain itu, Alpha Arbutin dapat membantu memudarkan bintik hitam, noda hitam bekas jerawat, dan meratakan warna kulit wajah. Alpha Arbutin dianggap lebih stabil dan efektif digunakan pada skincare untuk mencerahkan wajah dibandingkan jenis arbutin lainnya. Alpha Arbutin bisa ditemukan dalam produk skincare seperti serum atau astringent toner. Anda bisa menggunakan kandungan ini bersamaan dengan vitamin C atau AHA.

Kojic Acid

Kojic Acid merupakan asam yang memiliki tekstur seperti tepung dengan kristal kecil yang berasal dari jenis jamur tertentu. Bahan ini terkenal di Jepang untuk mencerahkan wajah. Tidak hanya itu, kojic acid juga terdapat dalam bumbu masakan Jepang seperti kecap, miso, dan sake. 

Kandungan ini bekerja dengan cara mencegah pembentukan tirosin, yaitu asam amino yang dibutuhkan dalam produksi pigmen melanin. Produksi melanin yang tinggi bisa membuat wajah terlihat lebih gelap. Sehingga, penggunaan kojic acid dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga membantu memudarkan noda hitam. Kojic acid dapat ditemukan dalam skincare untuk mencerahkan wajah berupa sabun, serum, dan krim wajah.

Glycolic Acid

Jika Kojic Acid bekerja dengan cara menekan produksi enzim tirosin yang dapat membuat kulit lebih gelap, maka glycolic acid bekerja pada lapisan atas kulit. Kandungan ini digunakan dalam skincare untuk mencerahkan wajah yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga, kulit akan terlihat lebih cerah dan lebih halus.

Glycolic Acid dapat ditemukan dalam produk skincare seperti chemical peeling, acid toner, dan serum. Oleh karena itu, gunakan kandungan ini pada malam hari setelah mencuci muka. Glycolic Acid termasuk dalam golongan AHA, sehingga jangan digunakan bersamaan dengan retinol atau vitamin C karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

Retinol

Retinol merupakan bahan aktif turunan dari vitamin A yang juga sering digunakan sebagai kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Retinol berfungsi dalam meningkatkan proses regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit tampak sehat dan ternutrisi. Retinol juga dapat mengecilkan pori-pori, mengatasi jerawat, mengurangi tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan, serta mengatasi kulit kusam akibat paparan sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *