Ketahui Prosedur USG Kepala di Prodia Banda Aceh

USG kepala atau pemeriksaan ultrasonografi pada kepala merupakan salah satu layanan yang tersedia di Klinik Prodia Banda Aceh. USG kepala memiliki tujuan atau manfaat yaitu untuk mengetahui apakah ada kelainan pada kepala.

USG kepala pada umumnya sering dilakukan pada bayi yang tengkoraknya belum sepenuhnya terbentuk. USG kepala ini kemudian akan mengevaluasi aliran darah di arteri utama otak. Meski dilakukan di kepala, USG kepala sendiri merupakan metode yang aman, non-invasif, dan tidak menggunakan radiasi pengion.

Prosedur USG kepala memerlukan sedikit atau tanpa persiapan khusus. Dokter akan menginstruksikan kepada Anda tentang cara mempersiapkannya, termasuk apakah orang dewasa yang menjalani pemeriksaan harus menahan diri untuk tidak menggunakan produk berbasis nikotin yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Selain itu, Anda juga perlu meninggalkan perhiasan di rumah dan kenakan pakaian yang longgar dan nyaman karena Anda mungkin diminta untuk mengenakan gaun khusus.

Kegunaan USG Kepala

USG kepala yang merupakan salah satu layanan di Klinik Prodia Banda Aceh merupakan pemeriksaan rutin untuk bayi yang lahir prematur. Prosedur ini juga digunakan untuk mengetahui kondisi otak yang berhubungan dengan prematuritas, seperti pendarahan atau kerusakan jaringan otak. Jika terdeteksi kelainan, pemeriksaan ultrasonografi lanjutan akan dilakukan.

Pada bayi, USG kepala digunakan untuk:

  • mengevaluasi kondisi hidrosefalus, atau pembesaran ventrikel 
  • mendeteksi pendarahan di dalam jaringan otak atau ventrikel. Kondisi terakhir disebut perdarahan intraventrikular (IVH).
  • mengetahui apakah ada kerusakan pada jaringan otak materi putih yang mengelilingi tepi ventrikel, yaitu suatu kondisi yang dikenal sebagai leukomalacia periventrikular (PVL).
  • mengevaluasi kelainan kongenital.
  • menemukan lokasi infeksi atau tumor.

Sedangkan Ppda orang dewasa, USG kepala digunakan untuk menemukan dan mengevaluasi massa tumor selama operasi otak dan memfasilitasi pengangkatannya dengan aman.

Ultrasonografi Doppler transkranial juga dapat digunakan untuk menilai risiko stroke pada orang dewasa dan anak-anak dengan penyakit sel sabit. USG kepala juga dapat digunakan untuk mengukur kondisi yang mempengaruhi aliran darah ke dan di dalam otak, seperti:

  • Stenosis: penyempitan segmen pembuluh darah, paling sering disebabkan karena aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).
  • Vasospasme: terjadi penyempitan pembuluh darah sementara yang merupakan reaksi terhadap darah yang ada di ruang cairan tulang belakang yang mengelilingi otak. Kondisi ini dikenal sebagai perdarahan subarachnoid (SAH).

Prosedur USG Kepala

Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan sebelum pemeriksaan USG kepala. Namun, pasien harus mengenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Orang dewasa juga diminta untuk berhenti menggunakan produk berbasis nikotin 30 menit hingga dua jam sebelum pemeriksaan USG kepala. Hal ini karena produk dengan nikotin dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan memberikan hasil yang tidak akurat.

Dokter nantinya akan memberikan instruksi khusus untuk Anda atau anak Anda sebelum melaksanakan tes. USG kepala selanjutnya dilakukan di unit perawatan intensif neonatal  (NICU) di samping tempat tidur bayi. Bayi akan diposisikan berbaring telungkup, lalu gel berbasis air yang bening dioleskan ke transduser untuk membantu transduser melakukan kontak yang aman dengan tubuh dan menghilangkan kantong udara yang dapat menghalangi gelombang suara masuk ke dalam tubuh. Petugas atau ahli radiologi kemudian dengan lembut menekan transduser ke ubun-ubun  (titik lunak kepala bayi, yang tidak memiliki tulang untuk menghalangi lewatnya gelombang suara).

Jika USG kepala digunakan selama operasi otak, sebagian tengkorak akan diangkat dan otak yang terbuka diperiksa untuk mengetahui massa otak dengan menggunakan transduser.

Setelah Prosedur USG Kepala

Kebanyakan pemeriksaan dengan metode USG tidak menimbulkan rasa sakit, waktunya cepat dan mudah ditoleransi. Mungkin akan ada sedikit perasaan ketidaknyamanan akibat tekanan, karena transduser ditekan ke area yang diperiksa. Jika gel tidak dihangatkan sebelum kontak dengan kulit, bisa menimbulkan sensasi dingin.

Setelah pencitraan selesai, gel ultrasound bening akan dihapus dari kulit Anda. Setiap bagian yang tidak dibersihkan akan cepat kering. Gel ultrasound biasanya tidak menodai atau menghitamkan pakaian. Setelah pemeriksaan USG kepala, Anda seharusnya dapat segera melanjutkan aktivitas normal Anda.

Untuk Anda yang memerlukan tes USG kepala, Anda bisa mengunjungi rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan tersebut seperti Klinik Prodia Banda Aceh. Klinik Prodia Banda Aceh berlokasi di Jalan Teuku Moh. Daud Beureueh No. 174 F-H, Beurawe, Kuta Alam, Banda Aceh City, Aceh 23126. Klinik Prodia Banda Aceh memiliki jam operasional yaitu hari Senin sampai Jumat pukul 07.00-17.00 dan hari Sabtu pukul 07.00-15.00.

Referensi:

KidsHealth. https://kidshealth.org/en/parents/ultrasound-head.html

Diakses pada 1 Agustus 2021

RadiologyInfo. https://www.radiologyinfo.org/en/info/ultrasound-cranial

Diakses pada 1 Agustus 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *