Selain Mengonsumsi Iremax, Lakukan Ini Agar Demam Cepat Turun!

iremax obat demam

Demam yang timbul seringkali membuat khawatir, sehingga banyak yang memilih untuk segera mengonsumsi obat penurun panas. Padahal, tak jarang orang mengukur suhu tubuh menggunakan alat ukur yang tidak sesuai. Selain itu, obat  penurun panas juga seharusnya diminum sesuai kebutuhan dan indikasi medis yang tepat. 

Iremax tablet adalah obat yang digunakan untuk menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit atau nyeri, seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, termasuk nyeri akibat penyakit radang sendi (arthritis). Iremax mengandung ibuprofen dan paracetamol sebagai zat aktifnya. Kedua zat aktif ini memiliki khasiat yang sama, yaitu sebagai antipiretik (pereda demam) dan analgesik (pereda nyeri).

Ibuprofen yang merupakan obat golongan antiinflamasi nonsteroid akan menargetkan rasa sakit pada sumbernya, serta mengurangi produksi prostaglandin, yaitu senyawa penyebab rasa nyeri. Sementara, paracetamol akan memblokir pengiriman sinyal rasa sakit ke otak.

Jika ingin menggunakan pengobatan tradisional, berikut ini adalah beberapa pilihan obat demam tradisional yang bisa Anda coba di rumah.

  1. Jahe

Obat herbal tradisional ini mengandung zat yang dapat membasmi bakteri, virus, dan jamur, serta memiliki efek antiradang yang baik untuk meredakan demam dan nyeri. Selain bisa digunakan sebagai obat demam tradisional, jahe juga dapat membantu meringankan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan mual.

  1. Kunyit

Berkat kandungan antiradang dan antibakteri yang terdapat di dalam kunyit, hal ini yang membuatnya bisa meredakan demam. Selain untuk demam, kunyit juga juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan lain, seperti pilek, radang tenggorokan, infeksi, dan hipertensi. 

  1. Daun pegagan

Pegagan (Centella asiatica) ini banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa gangguan pada kulit, seperti eksim dan psoriasis, membantu penyembuhan luka, serta menyamarkan bekas luka. Kandungan antiradang dan antibakterinyanya, daun pegagan juga dianggap baik digunakan sebagai obat demam tradisional. Akan tetapi efektivitas tanaman ini sebagai obat demam tradisional masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Sambiloto

Meski rasanya sangat pahit, kandungan antiradang yang terdapat pada sambiloto dinilai bermanfaat untuk mengatasi demam. Selain itu, tanaman herbal ini juga secara tradisional dikenal dapat menangani batuk, pilek, gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, dan sinusitis.

  1. Ginseng

Ginseng merupakan tanaman herbal asal Korea yang sudah mendunia. Tanaman yang memiliki efek antiradang dan antibakteri serta antivirus ini baik untuk meredakan demam. Selain itu, ginseng juga secara tradisional digunakan untuk mengatasi nyeri dan ejakulasi dini. Selain berbagai bahan alami di atas, masih ada beberapa obat herbal alami yang diketahui dapat membantu meredakan demam, misalnya bunga telang dan brotowali.

  1. Oleskan lidah buaya

Punya stok gel lidah buaya di rumah atau kantor? Ambil sedikit gelnya untuk dioleskan ke bagian kulit. Sebab, gel lidah buaya dapat membantu menurunkan panas. Untuk hasil yang optimal, tempatkan gel lidah buaya tersebut ke lemari es sebelum dioleskan.

  1. Perbanyak makan buah

Buah-buahan seperti keluarga jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, stroberi, nanas, dan mangga kaya akan vitamin C, antioksidan yang mendukung sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi sehingga mempercepat penyembuhan.

Pisang dapat membantu menggantikan asupan kalium dalam tubuh yang hilang saat berkeringat, juga saat muntah dan diare, jika demam Anda diikuti oleh gejala ini. Pilihlah buah segar bukan produk buah kalengan atau jus buah kemasan dengan tambahan gula. Asupan gula yang tinggi dapat menghambat sistem kekebalan tubuh Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika tidak ingin mengonsumsi Iremax atau obat lain saat sedang demam. Meski begitu, jika dirasa demam tidak kunjung reda, segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *